Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 November 2015

Hikmah Puasa

HIKMAH KEUTAMAAN MANFAAT ZAKAT FITRAH

Zakat fitrah adalah bertujuan untuk membersihkan puasanya orang-orang berpuasa ramadhan dari hal-hal yang bisa menghilangkan pahala puasanya dan juga memberi makan orang miskin ( sehingga ketika hari raya idul fitri juga ikut bergembira dan juga tidak merasa susah karena tidak ada makanan baginya.

Ini adalah bagian dari hikmah keutamaan zakat fitrah di dalam Islam itu sendiri. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim. Bagi mereka yang berada dibawah tanggungan orang lain, maka zakatnya menjadi kewajiban penanggungnya, baik ia seorang pembantu rumah tangga, seorang dewasa, ataupun seorang kanak-kanak, bahkan bayi yang telah bernyawa.

Dan juga yang masih didalam rahim, semuanya wajib mengeluarkan zakat fitrahnya, baik dari hartanya sendiri, ataupun oleh penanggung yang bertanggung jawab atasnya.

Zakat fitrah ialah keawjiban pada setiap individu baik laki-laki atau perempuan muslim yang mana pengeluarannya dilakukan pada bulan ramadhan penuh sebelum menginjak hari raya Idul Fitri.

Manfaat zakat fitrah adalah sebagai bentuk solidaritas kepada fakir miskin, dan merupakan bentuk syukur kepada Allah karena telah memberikan taufik-Nya sehingga bisa menyempurnakan puasa ramadhan.

SECUIL KISAH MUSLIM BERPUASA DARI BERBAGAI NEGARA

Liputan6.com, London - Ramadan menjadi bulan paling suci dalam kalender Islam. Sebab di waktu ini, umat Muslim menghabiskan sebulan lamanya untuk menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu sejak matahari terbit sampai matahari terbenam. Semua ini dijanjikan dengan pahala berlipat dibandingkan hari biasanya.
Mereka mengakhiri puasa setiap hari dengan berbuka puasa, di mana menjadi momen berkumpul keluarga dan saudara lainnya. Kemudian memulai puasa dengan makan sahur di waktu dini hari. Hal ini berlaku bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia.
Melansir laman BBC, berikut sekelumit kisah singkat beberapa orang dari berbagai negara dalam menjalani puasa, Rabu (15/7/2015).
1. Pemain Kriket Moeen Ali di Birmingham, Inggris
Bulan Ramadan adalah waktu yang menantang bagi atlet yang berpuasa. Seperti yang dialami pemain kriket Moeen Ali.
Perdebatan terus terjadi setiap tahun, terutama di Barat, bagaimana atlet Muslim dapat mengelola kebutuhan bulan suci, namun tetap tampil prima saat harus bertanding.
Ali pun mengatakan puasa tidak mempengaruhi kinerjanya di lapangan. Meski dia harus menjalaninya selama 19 jam lamanya. Itu karena dia berpikir Ramadan merupakan berkah, yang diberikan kepada Umat Muslim. Di bulan ini, dia memanfaatkan untuk berdoa. Meski dia mengaku berpuasa juga tidak mudah.
2. Zainab Khan, Anak yang Pertama Kali Berpuasa di Islamabad, Pakistan
Di Pakistan, Ramadan menjadi momen kebersamaan keluarga untuk makan dan berdoa bersama-sama. Sebab itu banyak warga Pakistan kembali ke tanah air mereka untuk merayakan Idulfitri atau menjelang akhir Ramadan agar bisa menghabiskan waktunya dengan keluarga mereka.
Seperti yang dilakukan keluarga Zainab Khan, gadis berusia 10 tahun yang melaksanakan puasa pertama kalinya. Zainab mengaku kesulitan menahan makan dan minum. Namun dia berusaha melakukan kegiatannya, seperti bersekolah dan bermain sambil berpuasa. Meski momen yang paling disenanginya adalah saat waktu berbuka puasa tiba.

0 komentar:

Posting Komentar